Asuhan diet dm anak

Apabila pada seseorang penderita kencing manis kadar glukosa darahnya tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka akan timbul komplikasi menahun kronis yang mengenai mata menyebabkan gangguan penglihatan bila mengenai sistem syaraf akan menyebabkan gangguan rasa dan gangguan bila mengenai ginjal menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

Keadaan ini disebut resistensi insulin. Yang digunakan sebagai sampel biasanya serum atau plasma.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia WHOIndonesia kini menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita diabetes melitus di dunia. Mengindikasikan tingkat aktivitas yang dapat ditolerandi secara fisiologis. Diabetes melitus kimia atau laten Tidak ada gejala diabetes melitus, kadar gula darah normal tetapi pasca prandial tampak kenaikan GTT Glukosa Tolerance Test seperti pada diabetes.

Asam lemak bebas, kadar lipid dan kolesterol meningkat d. Karena itu, ketoasidosis diabetic tidak terjadi pada diabetes tipe II. Askep Pada Anak Edisi I. Kadar glukosa darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulya gejala-gejala seperti: Sebagai akibat dari kehilangan cairan dan elektrolit, pasien akan mengalami peningkatan dalam berkemih, poliuria dan rasa haus polidipsia Defisiensi insulin mengganggu metabolisme protein dan lemak dan menyebabkan penurunan berat badan, peningkatan selera makan polifagia akibat menurunnya simpanan kalori.

Gatal biasanya terjadi di daerah ginjal, lipatan kulit seperti di ketiak dan dibawah payudara, biasanya akibat tumbuhnya jamur. Glikogenesis berkurang dan tetap terdapat kelebihan glukosa dalam darah Glikolisis meningkat sehingga cadangan glikogen berkurang dan glukosa hati dicurahkan kedalam darah secara terus menerus melebihi kebutuhan.

Laki-laki dapat terjadi impotensi, ejakulasi dan dorongan seksualitas menurun karena kerusakan hormon testosteron. Ini akan memudahkan terjadinya gangren.

Adapun gambaran luka pada penderita kencing manis dapat berupa: Berikan makanan cair yang mengandung zat makanan nutrient danb elektrolit dengan segera jika pasien dapat mentoleransinya melalui pemberian cairan oral.

Akibat intoleransi glukosa yang lambat bertahun-tahun dan progresif maka awitan DM tipe II dapat berjalan tanpa terdeteksi. Terlalu banyak lemak yang dibakar maka akan terjadi penumpukan asetat dalam darah yang menyebabkan keasaman darah meningkat atau asidosis.

Kekurangan volume cairan berhubungan dengan diuresis osmotik. Namun dapat pula terjadi pada beberapa penderita DM yang tidak merasakan gejala-gejala tersebut diatas dan penyakitnya ditemukan secara kebetulan, misalnya pada waktu pemeriksaan kesehatan rutin.

Pernapasan yang berbau aseton berhubungan dengan pemecahan asam aseto-asetat dan harus berkurang bila ketosis harus terkoreksi. Diabetea Gestational disebabkan oleh peningkatan kebutuhan energi dan hormon pertumbuhan yang terus menerus tinggi selama kehamilan.

Penyakit Diabetes Mellitus disebabkan oleh karena gagalnya hormon insulin. Pola nafas seperti adanya pernapasan kussmaul atau pernapasan yang berbau keton.Penyakit gula atau diabetes melitus (DM) dapat menyerang siapa saja, tua-muda, kaya-miskin, atau kurus-gemuk.

Penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah. · Beranda Askep Asuhan Keperawatan DM Anak (Diabetes Melittus) Beranda» ASKEP ANAK» ASKEP DALAM» Askep Asuhan Keperawatan DM Anak (Diabetes Melittus)5/5.

Tampaknya pada kasus ini, anak tersebut menderita DM tipe 1, hal ini terlihat pada keadaan penderita yang semula gemuk kemudian kurus. Mekanismenya sebagai berikut: semula gemuk, terkena DM tipe 1, kekurangan insulin, sel tidak dapat mengikat glukosa, terjadi lipolisis dan proteolisis dari sel otot, lemak dipecah, cadangan lemak berkurang, otot menipis, lalu kurus.

Sedangkan pada tipe 2.

Asuhan Keperawatan Diabetes Melitus Pada Anak 2019

Tujuan utama terapi DM adalah mencoba menormalkan aktivitas insulin dan kadar glukosa darah dalam upaya mengurangi terjadinya komplikasi vaskuler serta neuropatik.

Tujuan terapeutik pada setiap tipe DM adalah mencapai kadar glukosa darah normal (euglikemia) tanpa terjadi hipoglikemia dan gangguan series pada pola aktivitas pasien.

Anak dengan diabetes dengan riwayat poliuri, polidipsi, poliphagia dan penurunan berat badan, banyak yang mengalami ketoacidosis. Anak dengan diabetes ketoacidosis dengan tanda – tanda klasik dan hyperglikemia (glokusa darah lebih dari mg / dl), ketonemia, acidosis / PH.

Virus dan Bakteri: Virus penyebab DM adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4. Melalui mekanisme infeksi sitolitik dalam sel beta, virus ini mengakibatkan destruksi atau perusakan sel.

Bisa juga, virus ini menyerang melalui reaksi otoimunitas yang Author: Komaribu.

Asuhan diet dm anak
Rated 0/5 based on 20 review