Makalah metabolisme lipid biokimia

MAKALAH LIPID

Gambar 5: Kolesterol dibedakan menjadi dua, yaitu: Contoh Sukmanawati, Penggolongan lipoprotein berdasarkan atas ukuran, densitas dan berbagai jenis lipida yang diangkut dalam jumlah yang berbeda Vance dan Vence, Trigliserida adalah sebuah gliserida atau ester dari gliserol dan tiga asam lemak.

Oksigen udara dianggap menyerang ikatan rangkap pada asm lemak untuk membentuk ikatan peroksida. Lemak fat. Steroid yang mempunyai satu atau lebih gugus hidroksil dan tanpa gugus karboksil atau karbonil disebut sterol.

Jadi asam lemak bergabung dengan molekul-molekul non gliserol. Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah sfingolipid, steroid, kolesterol dan malam. Sebagian dari mereka dengan kadar HDL tinggi akan terlindungi dari penyakit jantung, manun orang dengan kadar HDL dalam kategori yang sangat baik masih bisa beresiko untuk terkena penyakit jantung.

Didapat dari daging, telur, susu, keju, mentega, dll. Steroid adalah zat yang sangat penting dan tersebar luas dalam tubuh hewan.

Serbuk CaCO3 dimasukkan ke dalam erlenmeyer dan segera ditutup. Steroid meliputi sterol, asam empedu, hormon adrenal, dan hormon sex. Gambar 1 Struktur Lipid Struktur beberapa lipid umum.

Sebanyak 0,25 gr lipid padat ditambahkan 10 ml kloroform. Terdapat tiga sub kelas spingolipid, yaitu Lehninger, Berdasarkan jenis ikatannya, asam lemak dikelompokkan menjadi dua, yaitu Tobin and Jennie, Gambar 4: Kompleks lipoprotein dapat disintesis di dalam hati, usus, maupun menbran sel.

Selain itu, beberapa lipid yang terdapat dalam tubuh kita mempunyai fungsi khusus Sumardjo, Lipid merujuk pada sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur- unsur karbon, hidrogen dan oksigen meliputi asam lemak, lilin, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak, monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid termasuk di dalamnya getah dan steroid dan lain-lain Chitika,Karena begitu besar peranannya sebagai senyawa organik yang terdapat dalam tumbuhan, hewan atau manusia dan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia adalah lipid.

Sifat kimi dan fungsi biologinya juga berbeda-beda. Apa yang dimaksud dengan lemak fat dan minyak oil? Iod Hubl ini digunakan sebagai indikator perubahan. Bila campuran tersebut segera didinginkan, di peroleh lapisan asam lemak yang tak larut dalam air. Pengertian Lipid Lipida dari kata Yunani, Lipos, lemak dikenal oleh masyarakat awam sebagai minyak organik, bukan minyak mineral atau minyak bumilemak, dan lilin.

Jojoba wax adalah ilin yang diproduksi dari tanaman jojoba Simmondsia Chinensis. Jadi besar atau kecilnya bilangan penyabunan ini tergantung pada panjang atau pendeknya rantai karbon asam lemak atau dapat dikatakan juga bahwa besarnya bilangan penyabunan tergantung pada berat molekul lemak tersebut.

Kolesterol berupa kristal putih, tidak berbau, tidak ada rasanya dan mencair pada temperatur Akan tetapi, karbohidrat dan lipid memiliki dua perbedaan penting sebagai berikut: Contoh Asam Lemak Asam lemak adalah bagian dari molekul lemak.

Fungsi dasar dari gliserida netral adalah sebagai simpanan energi berupa lemak atau minyak. Karena pada gugus ester asam fosforat masih mempunyai satu ikatan valensi yang bebas, biasanya juga membentuk gugus ester dengan alkohol yang lain, misalnya alkohol amino seperti kolinaetanolamina dan serina.

Struktur Kolesterol Sumardjo, Spingomielin terdapat hampir disemua membran sel-sel hewan, terutama selubung mielin kaya akan spingomielin Lehninger, Lilin digolongkan atas beeswax, carnauba wax, dan jojoba wax. Oleh karena itu lilin terdpat pada tumbuhan berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap air.Makalah BIOKIMIA “ LIPID DAN FUNGSINYA “ OLEH: MISWANDI TENDRITA (A1C2 10 ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI KATA PENGANTAR Assalamu΄Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Taufik Author: March 19, Berdasarkan tujuan di atas, makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menunjang materi perkuliahan khususnya materi tentang metabolisme lipid pada materi Biokimia BAB II PEMBAHASAN.

MAKALAH BIOKIMIA LIPIDA Digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah biokimia yang dibimbing oleh Dr. Arie Sri N. Oleh: Merry Hastyani () Arini Nur Indah.L () Alfiatus Rizky () Aprilia Ratna Ningsih ( Makalah biokimia lipid 1.

[BIOKIMIA LIPID] [Pick the date] K h a y y u H a n i f a h / 6 4 1 1 4 1 3 0 9 4 Page 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Lipid adalah biomolekul yang tidak larut di dalam air, karena lipid umumnya merupakan molekul yang memilikigugs non polar, sedangkan air merupakan molekul yang memiliki gugus polar.

Denganmempelajaribiokimia tentang lipid bagaimana penyimpanan,pengangkutan,dan metabolisme dari lipid serta gangguan yang terjadi dalam elbfrollein.comh membaca makalah ini pembaca diharapkan dapat menerapkan di dalam dunia elbfrollein.com: A.R.

Dalam Biokimia, Lipida mempunyai fungsi, memiliki sifatnya tersendiri, lipida juga dibagi dalam beberapa bagian, dan lipida sangat bermanfaat bagi manusia.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menyusun sebuah makalah mengenai elbfrollein.com: Taufiq Abdullah.

Makalah metabolisme lipid biokimia
Rated 3/5 based on 22 review