Metabolisme gliserol

Dalam keadaan normal bahan-bahan keton ini terdapat dalam jumlah kecil yang kemudian segera dimetabolisme dalam menghasilkan energi.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis, Jalur Metabolisme Lemak dan Gliserol

Contoh penting dari lipid kompleks adalah lipoprotein dan glikolipid. Lipogenesis membutuhkan ATP serta vitamin-vitamin biotin, niasisn, dan asam pantotenat. Pada banyak fosfolemak, misalnya gliserofosfolemak, alkoholnya adalah gliserol, tetapi pada yang lain, misalnya sfingofosfolemak, alkoholnya adalah sfingosin.

Klasifikasi lemak terdiri dari: Secara ringkas, hasil dari pencernaan lemak adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Lemak dan minyak dalam bentuk trigliserol sebagai sumber penyimpan energi, lapisan pelindung, dan insulator organ-organ tubuh beberapa jenis lipid berfungsi sebagai sinyal kimia, pigmen, juga sebagai vitamin, dan hormon. Bila bahan-bahan keton di dalam aliran darah melebihi ambang batas, bahan-bahan tersebut akan dikeluarkan melalui urin.

Asam lemak jenuh saturated fatty acid Asam lemak ini tidak memiliki ikatan rangkap 2.

Fosfogliserida fosfolipid Lipid dapat mengandung gugus fosfat. Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak. Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang.

Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid ester antara gliserol dengan 3 asam lemak. Di dalam sel ini asam lemak dan monogliserida segera dibentuk menjadi trigliserida lemak dan berkumpul berbentuk gelembung yang disebut kilomikron.

Gliserida asil-gliserolkolesterol dan ester kolesterol dinamakan lemak netral karena tidak bermuatan. Gliserol suatu ikatan 3-karbon seperti piruvat akan tetapi dengan susunan H dan OH pada karbon yang berbeda memasuki jalur metabolisme di antara glukosa dan piruvat dan dapat diubah menjadi glukosa atau piruvat.

Melalui beberapa tahap reaksi bagian asetat dari asetil KoA akan membentuk asam-asam lemak jenuh berupa asam palmitat C16asam stearat C18 atau asam arakidonat C Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi aseton fosfat, suatu produk antara dalam jalur glikolisis.

Sebagian besar lemak alami terdiri atas karbon dalam jumlah genap, biasanya 16 atau 18 karbon. Proses pemecahan trigliserida ini dinamakan lipolisis. Sebagai cadangan energi Lipid disimpan sebagai jaringan adiposa 3.

Struktur trigliserida sebagai lemak netral Apa yang dimaksud dengan lemak fat dan minyak oil? Lemak mempunyai sifat umum yang relatif tidak larut dalam air dan larut dalam pelarut non polar seperti eter, kloroform dan benzena.

Penumpukan asetil KoA yang terjadi menyebabkan produksi bahan-bahan keton secara berlebihan. Jika kapasitas penyimpanan glikogen sudah penuh, maka karbohidrat harus dikonversi menjadi jaringan lipid sebagai cadangan energi jangka panjang.Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Pengertian Gliserol

Metabolisme karbohidrat merupakan pusat dari semua proses metabolisme; glukosa dimetabolisme mellui tahap oksidatif yang berlangsung secara aerobik (dalam mitokondrio) maupun anaerobik (dalam sitosol) yang menghasilkan pembentukan ATP (adenosin trifosfat) · Trigliserida: ester gliserol.

Gliserol dan asam lemak diperoleh dari hasil pemecahan trigliserid melalui proses lipolisis.

Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak

Gliserol (suatu ikatan 3-karbon seperti piruvat akan tetapi dengan susunan H dan OH pada karbon yang berbeda) memasuki jalur metabolisme di antara glukosa dan piruvat. Penjelasan Lengkap Materi Sintesis dan Jalur Metabolisme Lemak & Gliserol - Lemak dan protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Seperti proses metabolisme karbohidrat, metabolisme protein juga melalui beberapa tahapan reaksi. Nov 02,  · nasib lemak di tubuh (matabolisme lemak, TAG, Gliserol, Asam Lemak bebas) Chrisan Bimo.

Loading Unsubscribe from Chrisan Bimo? E-learning (Metabolisme Lemak) - Bagian 2 -. Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. Pada tahap awal, gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat.

Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi .

Metabolisme gliserol
Rated 5/5 based on 44 review