Tinjauan obesitas anak sekolah

Faktor ekologi Bengoa dalam Supariasa, dkkmengungkapkan bahwa malnutrisi merupakan masalah ekologi sebagai hasil dari interaksi beberapa faktor fisik, biologis, dan lingkungan budaya.

Bayi gemuk belum tentu sehat, bahkan dapat berakibat negatif dan membawa berbagai kesulitan seperti tingginya risiko kejang. Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka kejadian obesitas di tengah masyarakat yang makmur.

Alat kelamin pada anakanak laki seolah-olah kecil, karena adanya timbunan lemak pada daerah pangkal tinjauan obesitas anak sekolah. Hasil penelitian di Denpasar terhadap 1. Anak juga lebih cepat mencapai masa pubertas dimana kematangan seksual lebih cepat seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut pada kelamin dan ketiak.

Karena itu, pencegahan overweigth dan obesitas dimasa anak amat penting. Di lain pihak globalisasi memperkenalkan mode dan gaya berpakaian memakai tubuh yang langsung yang mungkin akan mendorong remaja berusaha menurunkan berat tubuhnya yang normal terhadap tinggi badan sehingga menjadi gizi kurang Story dan Alton, Klinis Pemeriksaan klinis adalah metode yang sangat penting dalam menilai status gizi masyarakat.

Dalam definisi tersebut dikemukakan tiga kriteria remaja yang berbunyi sebagai berikut: Diunduh dari http: Menurut Supariasa dkk status gizi adalah ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau ekspresi dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu.

Masalah terbesar yang dihadapi anak-anak yang mengalami obesitas adalah obesitas pada masa anak-anak berlanjut sampai dewasa. Keadaan gizi dapat berupa gizi kurang maupun gizi lebih. Overweight atau obesitas dapat dimulai pada usia berapapun. Masalah obesitas sendiri dapat terjadi pada usia anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Namun, tidak berarti setelah umur tersebut menjadi bebas dari kegemukan. Ukuran yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang menderita Overweight atau obesitas adalah berdasarkan berat badan dan tinggi badan, yaitu menggunakan suatu indeks berdasarkan berat badan dalam kilogram dibagi tinggi dalam meter pangkat dua, yang disebut indeks massa tubuh IMT.

Kombinasi antara beberapa parameter disebut indeks antropometri. Sedang Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB menetapkan umur 15 — 24 tahun sebagai usia pemuda youth dalam rangka keputusan mereka untuk menetapkan tahun sebagai Tahun Pemuda Internasional.

Pada anak usia sekolah pra pubertas yang obesitas, kita berusaha mempertahankan berat badan anak dan menaikkan tinggi badannya. Obesitas pada anak. Individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukkan tanda-tanda sekundernya sampai ia mencapai kematangan seksual.

Pemeriksaan antropometri yang sering digunakan adalah berat badan terhadap tinggi badan, berat badan terhadap umur dan tebalnya lipatan kulit.

Perubahan-perubahan fisik yang akan terjadi merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja, sedang perubahan-perubahan psikologik muncul antara lain akibat dari perubahan-perubahan fisik itu. Malnutrisi adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan secara relatif atau absolut.

Wanita biasanya mengalami masalah yang berkaitan dengan menstruasi.

Jumlah sel lemak tidak dapat dikurangi, karena itu penurunan berat badan hanya dapat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah lemak didalam setiap sel. Wahyu GG. Jumlah makanan yang tersedia tergantung dari segi ekologi seperti iklim, tanah, irigasi dan lain-lain.

Sebenarnya kekecewaan tersebut tidak beralasan, jika anak menunjukkan perkembangan mental yang normal, artinya perkembangan motorik, bahasa, intelektual, emosional, dan sosial sesuai dengan umurnya, maka anak tersebut secara fisik, sosial maupun mental dapat dikategorikan sehat.

Penilaian status gizi berdasarkan antropometri. Antropometri Dipandang dari sudut pandang gizi, maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkatan umur dan tingkatan gizi.

Menurut Supariasa dkkada beberapa cara yang dilakukan untuk menilai status gizi adalah: Seorang bayi yang menangis belum tentu merasa lapar, mungkin merasa sakit pada bagian tubuh tertentu atau pakaiannya basah.

Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka kejadian obesitas ditengah masyarakat makmur. Juga tumbuhnya sifat ingin bebas dan makan di luar rumah, perhatian yang mendalam dalam penampilan dan berat badan, kebutuhan untuk dapat diterima oleh kelompok usia sebaya yang menjadi panutan dan adanya aktivitas gaya hidup remaja.

Kedua pola makan ini biasanya di picu oleh stres dan kekecewaan. In terms of health malnutrition is a result of food consumption more than their needs. Puslitbang Gizi dan Makanan; 5 Universitas Indonesia BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Definisi Obesitas dan Overweight Obesitas dan overweight, adalah dua istilah yang sering digunakan untuk.

Kelompok anak usia sekolah merupakan kelompok rentan gizi, kelompok masyarakat yang paling mudah menderita kelainan gizi, bila masyarakat terkena kekurangan penyediaan bahan makanan.

Obesitas anak dapat memberikan tekanan dan regangan yang lebih besar terutama pada tulang kaki daripada anak dengan berat normal. Oleh karena itu tulang kaki anak obesitas biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan ketika berjalan ataupun berlari.

4 TINJAUAN PUSTAKA Anak Sekolah Dasar Hurlock () mengelompokkan anak usia sekolah berdasarkan perkembangan psikologis yang disebut sebagai Late Childhood. Obesitas pada anak disebabkan oleh masukan makanannya yang berlebih.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Selain itu, pada waktu lahir anak tidak dibiasakan mengonsumsi air susu ibu (ASI), tetapi dibiasakan pakai susu formula dalam botol, padahal anak yang diberi ASI biasanya asupan ASI-nya sesuaI ketentuan berat badan bayi (Soetjiningsih,dkk, ). 11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak 1.

Pengertian Anak Anak menurut bahasa adalah keturunan kedua sebagai hasil antara hubungan pria dan wanita.

Tinjauan obesitas anak sekolah
Rated 4/5 based on 43 review